RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan pendidikan : Madrasah Tsanawiyah / Mts

Mata Pelajaran : Fisika

Konsep : Gaya

Subkonsep : Gaya Berat

Kelas/Semester : VIII/2

Alokasi Waktu : 4x40 menit

Metode : Ceramah, Demonstrasi, Praktikum, Tanya Jawab dan Penugasan

Media : Alat Peraga Fisika Sederhana

Standar Kompetensi :Melakukan pengukuran terhadap berbagai besaran secara benar, mendeskripsikan dan membuat rancangan sederhana tentang dasar-dasar mekanik, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar :Mengidentifikasikan jenis-jenis gaya dan pengaruhnya dalam satu benda yang dikenai gaya

No

Indikator

Materi Pembelajaran

Nuansa Nilai

Pengalaman Belajar Siswa

Pertanyaan Produktif

1.

Mengembangkan gaya-gaya yang bekerja pada suatu benda secara proposional

Gaya dapat didefinisikan sebagai tarikan atau dorongan yang berpengaruh pada keadaan suatu benda.

Sebabnya terdiri dari:

Benda diam menjadi bergerak

Benda bergerak menjadi diam

Bentuk dan ukuran benda berubah

Arah gerak benda berubah.

Misal kita mendorong suatu meja, maka meja tersebut akan berpindah tempat.

Berdasarkan persentuhan antara dua benda dikenal dengan:

gaya sentuh adalah gaya yang terjadi karena persentuhan langsung secara fisik antara dua benda, misalnya gaya pegas, gaya otot dan gaya gesek.

gaya tak sentuh atau gaya medan adalah gaya yang terjadi tanpa persentuhan fisik secara langsung antara dua benda. Misalnya gaya gravitasi, gaya listrik dan gaya magnet.

Nilai Religius

Sesuai Dengan Firman Allah Q.S. Al-Mujadalah : 11 Allah akan meningkatkan derajat orang yang beriman dan orang yang berilmu pengetahuan beberapa derajat. Maka dengan firman Allah diatas kita sebagai manusia alangkah lebih baiknya dalam mengembangkan ilmu pengetahuan terutama ilmu fisika karena pada pembelajaran fisika sangat berkaitan erat dengan lingkungan alam sekitar kita terutama pada materi gaya. Dimana pada materi gaya kita dapat mengetahui gaya yang terjadi pada suatu benda.

Nilai Sosial, Politik, Ekonomi

Dengan mengetahu pembelajaran fisika pada materi gaya kita dapat lebih mudah untuk mindahkan suatu benda yang terdapat pada kehidupan sehari-harisslai Intelektualitik, Ekonomingetahui gaya yatan erat dengan lingkungan alam sekitar kita terutama pada materi gaya. terutama i

Nilai Pendidikan

Ilmu seseorang dapat berkembang bila seseorang itu memiliki nilai pendidikan yang tinggi dimana dia akan selalu mengejar pendidikan sampai kapan pun, seperti sebuah gaya bila suatu benda diberikan gaya maka akan timbul tarikan atau dorongan.

Nilai Praktis

Dengan adanya gaya dalam suatu pekerjaan kita sangat berpengaruh terhadap beberapa aspek pada kehidupan yang ada disekitar kita

Nilai Intelektual

Manusia yang memiliki ilmu atau pendidikan yang luas akan lebih mudah untuk mengembangkan dirinya. Apabila dia memberikan suatu gaya yang baik terhadap sesuatu maka dia akan mendapatkan gaya yang lebih baik juga, seperti halnya suatu benda bila ditarik dengan tenaga yang kuat maka akan cepat pula tarikannya.

Pertemuan Ke-1: 2x40

Introduction (Pendahuluan) : 15 Menit

Siswa Berdoa bersama-sama

Siswa Diabsen Kehadirannya

Siswa mengingat-ngingat kembali pengetahuannya tentang materi yang diajarkan sebelumnya

Siswa digali pengetahuan awalnya tentang:

Gaya?

Hal yang terjadi bila suatu benda diberi gaya?

Kegiatan Inti: 55 Menit

Siswa menyimak Penjelasan guru mengenai jenis-jenis gaya terhadap satu benda yang dikenainya, gambar gay-gaya yang bekerja pada suatu benda secara professional dan pelukisan penjumlahan gaya-gaya segaris baik yang searah maupun berlawanan arah.

Siswa mencatat rangkuman materi atau konsep yang sudah dijelaskan oleh guru

Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan kuis dari guru

Kegiatan Akhir/ Penutup: 10 menit

Siswa diminta oleh guru untuk menyimpulkan materi pelajaran pada pertemuan ini.

Siswa ditugaskan untuk membaca materi berikutnya.

Apa yang dimaksud dengan gaya?

Sebutkan contoh gaya yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari?

Sebutkan sebab yang terjadi bila benda mengalami gaya?

Related Posts by Categories



Comments (3)

Alicia Computer

March 17, 2009 at 8:46 AM

tessss

Anonymous

March 17, 2009 at 8:47 AM

hiiiiii

Anonymous

April 16, 2009 at 2:08 AM

kalo mau ngajarin fisika jangan pake ceramah karena sia-sia aja kan fisika gedangnya miskonsepsi, jadi demonstrasi yang digunakan bertujuan untuk memggiring siswa menemukan konsep yang diajarkan.....itu namanya metode discovery