Peluang Membiakkan Uang di Bank Syariah

Dengan menggunakan sistem bagi hasil, menempatkan uang di bank Syariah memungkinkan mendapatkan hasil investasi yang lebih tinggi dibanding bunga. Paling tidak, ini alternatif investasi yang patut dipertimbangkan.
Kehadiran bank Syariah, tentu saja, memberikan alternatif investasi dalam bentuk tabungan/deposito. Sebagaimana diketahui, bank yang beroperasi berdasarkan prinsip-prinsip Islam ini menawarkan sistem bagi hasil kepada nasabahnya. Jadi, keuntungan yang diperoleh nasabah bank Syariah bisa berubah-ubah, tergantung pendapatan atau keuntungan yang diperoleh bank tersebut. Besarnya persentase bagi hasil sudah ditetapkan oleh pihak bank. Namun, biasanya masih membuka ruang tawar-menawar dalam batas yang wajar.
Pehitungan bagi hasil di bank Syariah pun ada dua jenis. Yakni, pertama, profit/loss sharing. Dalam sistem ini, besar-kecil pendapatan bagi hasil yang diterima nasabah tergantung keuntungan bank. Kedua, revenue sharing, penentuan bagi hasil tergantung pendapatan kotor bank. Bank-bank Syariah di Indonesia umumnya menerapkan sistem revenue sharing. Pola ini dapat memperkecil kerugian bagi nasabah. Hanya saja, jika bagi hasil didasarkan pada profit sharing, persentase bagi hasil untuk nasabah jauh lebih tinggi.Saat ini, selain Bank Muamalat (BM) ada dua bank Syariah lainnya: Bank Syariah Mandiri (BSM) dan Bank IFI yang mengoperasikan beberapa cabangnya sebagai bank Syariah. Bagi nasabah yang menganggap bunga tergolong riba -- atau yang masih ragu-ragu -- menempatkan uang di bank Syariah, jelas, terasa lebih nyaman. Sementara bagi mereka yang menganggap bunga sebagai hasil investasi yang halal, setidak-tidaknya bisa berhitung untung-ruginya menabung di bank Syariah maupun bank konvensional. Sehingga, dapat memilih deposito yang memberikan hasil investasi maksimal.
Menurut pengamat perbankan dan investasi Elvyn G. Masassya, menabung atau mendepositokan uang di bank Syariah cukup menarik. Tidak hanya bagi masyarakat muslim, tetapi juga nonmuslim. Soalnya, dengan sistem bagi hasil, terbuka peluang mendapatkan hasil investasi yang lebih besar dibanding bunga deposito di bank konvensional. Apalagi, bunga deposito saat ini juga cukup rendah: tertinggi 13%. Maka, jika ingin mendapatkan return yang lebih besar, "Deposito bank Syariah dapat menjadi alternatif," ujar Elvyn. Tentu saja, harus didukung kondisi ekonomi yang kondusif, yang memungkinkan perusahaan di sektor riil mampu membukukan keuntungan besar.
Hal itu juga diakui Nurdin Hasibuhan, Presdir BSM. "Saat terbaik mendepositokan dana di bank Syariah, ketika ekonomi sedang berjalan baik," tuturnya. Soalnya, dalam kondisi seperti itu lebih mudah mendapatkan nasabah yang usahanya berjalan lancar. Namun, meski saat ini ekonomi belum pulih, BSM akan membuat terobosan agar dana nasabah bisa diputar. Misalnya, menggarap perusahaan yang selama ini kurang diperhatikan bank-bank lain, seperti perusahaan perdagangan.
Mari kita lihat, seperti apa kira-kira keuntungan yang diperoleh jika menempatkan dana di bank Syariah. Sebagaimana bank-bank konvensioanal, bank Islam ini juga mengemas layanan tabungan/deposito dalam berbagai produk. BSM, misalnya, mengeluarkan produk yang dikelola dengan prinsip mudlarabah al-mutlaqah, yakni tabungan yang dananya untuk aktivitas pembiayaan investasi dengan sistem bagi hasil: 43,48% untuk nasabah dan 56,52% untuk bank. Lalu, deposito yang dikelola dengan prinsip yang sama, dengan sistem bagi hasil 47,83% (nasabah) dan 53,18% (bank) untuk deposito berjangka waktu 1 dan 3 bulan. Sementara itu, deposito dengan tenor 6 dan 12 bulan, pola bagi hasilnya: 52,18% (nasabah) dan 47,82% (bank).
Rumus yang digunakan untuk menghitung hasil investasi yang diperoleh nasabah: saldo dana rata-rata yang dimiliki nasabah dibagi total saldo rata-rata, lalu dikalikan pendapatan yang didistribusikan dikalikan lagi nisbah (persentase) bagi hasil untuk nasabah. Misalnya, Anda memiliki saldo tabungan rata-rata Rp 1,4 juta dan persentase bagi hasil untuk nasabah 47,82%. Kemudian, jumlah total saldo tabungan rata-rata Rp 100 juta dan pendapatan yang didistribusikan Rp 2,5 juta. Maka, hasil investasi yang Anda peroleh: 1,4/100 X Rp 2.5 juta X 47,86% = Rp 16.751 atau sekitar 7,1%.
Perhitungan untuk deposito pun hampir sama. Yakni, jumlah dana yang didepositokan dibagi total deposito bank, dikalikan pendapatan yang didistrbusikan, dan dikalikan lagi persentase bagi hasil untuk nasabah. Sebagai contoh, Anda memiliki deposito Rp 5 juta untuk jangka waktu 6 bulan dan total deposito bank berjangka sama Rp 1 miliar. Sementara itu, pendapatan yang didistribusikan untuk Desember Rp 35 juta dan bagi hasil untuk nasabah (sesuai kesepakatan) 52,18%. Hasil investasi yang Anda peroleh: 5/1.000 X Rp 35 juta X 52,18% = Rp 91.315.
Tak seperti bank konvensional -- umumnya memberikan bunga yang seragam, bank-bank Syariah memberikan persentase dan rumus penghitungan bagi hasil yang berbeda. Untuk deposito berjangka waktu 1, 3, 6 dan 12 bulan di BM dengan nilai Rp 1 juta atau US$ 500, persentase bagi hasil untuk nasabah sebesar 60%. Kemudian, jika nilai deposito Rp 2 juta atau US$ 1.000 ke atas, persentase bagi hasil buat nasabah berbeda-beda, tergantung tenornya (lihat Tabel). Sementara itu, untuk penghitungan hasil investasi, BM menggunakan rumus: nilai deposito nasabah dibagi total dana pihak ketiga, kemudian dikalikan persentase bagi hasil untuk nasabah dan dikalikan lagi pendapatan kotor BM.
Di samping itu, kata Suhaji Lestiadi, Direktur Bidang Usaha Kecil BM, pihaknya juga mengeluarkan produk baru, mudharabah muqayyadah, yang memberikan hasil lebih tinggi daripada produk BM lainnya. Untuk produk ini, BM hanya bertindak sebagai arranger yang mempertemukan pemilik dana dan pengguna dana. Jadi, selain mendapatkan hasil yang lebih tinggi, nasabah juga dapat mengontrol langsung penggunaan dananya oleh nasabah pengguna.
Bagaimana dengan Bank IFI? Bank ini mengenalkan produk tabungan bank Syariah bernama Sigma (Simpanan Ganda Manfaat) dan Delta (Deposito Multiinvestasi) untuk deposito berjangka. Bagi hasil untuk Sigma: 55% nasabah dan 45% bank. Adapun Delta, tergantung tenor deposito: 1 bulan, nasabah 57%; 3 bulan, 60%; 6 bulan, 58%; dan 12 bulan 57%. Bank IFI menggunakan rumus penghitungan bagi hasil sama dengan BM.
Meski produk tabungan/deposito bank Syariah kurang populer di Indonesia, Nurdin optimistis, tren masyarakat menempatkan dana di bank Islam akan terus meningkat. Apalagi, jika kondisi ekonomi terus membaik dan bank-bank konvensional menawarkan bunga rendah. Juga, bertambahnya jumlah bank Syariah maupun cabangnya membuat sistem bank ini -- dan produk-produknya -- lebih dikenal masyarakat.
Dalam perkembangannya kelak, Elvyn memperkirakan, nasabah bank Syariah tidak eksklusif masyarakat beragama Islam. Namun, juga mereka yang beragama lain. (Sebagian) nasabah menempatkan dananya di bank Syariah karena tertarik dengan sistem bagi hasil. Jadi, benar-benar sebagai alternatif investasi.(o)

Kusnan M. Djawahir
Reportase: Wahyu Tri Susilawati.


Tabel
Bagi Hasil Deposito di Bank Mualamat
Jangka Waktu Deposito Di atas Rp 2 juta Deposito Di atas US$ 1.000
Nasabah Bank Nasabah Bank
1 bulan 65% 35% 51.57% 48,43%
3 bulan 66% 34% 50,56% 49,44%
6 bulan 66% 34% 47,94% 52,06%
12 bulan 63% 37% 43,83% 56,17%

Sumber: Bank Muamalat
Kusnan M. Djawahir

Related Posts by Categories



Comments (9)

Syafitri

September 5, 2016 at 10:04 AM

Saya TKI DI MALAYSIA
Maaf sebelumnya jika lewat Tempat ini saya menceritakan kisah hidup saya niat saya hanyalah semata ingin berbagi tapi semua tergantung Anda percaya atau tidak yg jelasnya inilah kenyataannya...
Syukur alhamdulillah kini saya bisa menghirup udara segar di indonesia karnah sudah sekian lama saya ingin pulang ke kampung halaman namun tak bisa sebab,saya harus bekerja di negri orang (Arab Saudi) karna ada hutang yang harus saya bayar di majikan yaitu 257 juta untuk uang indo namun saya tidak pusing lagi sebab kemaring saya di berikan Info oleh seseorang yang tidak saya kenal,katanya kalau mengalami kesulitan Ekonomi,Terlilit hutang silahkan minta bantuan sama
KI BARONG di Nomor telfon 0852 8895 8775 di jamin bantuan beliau 100% …
ATAU >>KLIK DISINI<<
BANTUAN DARI KI BARONG
1.PESUGIHAN
2.TOGEL
3. DANAH GHAIB
4.PENGGANDAAN UANG
5.UANG BALIK
6.PEMIKAT
7.PENGLARIS BISNIS (Jualan,Tokoh,warung)
8.PERLANJAR DALAM BERBAGAI HAL
Jadi saya beranikan diri menghubungi beliau dan menyampaikan semua masalah saya dan alhamdulillah saya bisa di bantu,kini semua hutang saya sama majikan di Saudi semua bisa terlunasi dan punya modal untuk pulang kampung,,,,
Jadi buat yang pengen seperti saya silahkan hubungi KI BARONG di nomor 0852 8895 8775 Anda tidak usah ragu akan adanya penipuan atau hal semacamnya sebab saya dan yg lainnya sudah membuktikan keampuhan bantuan beliau kini giliran Anda trimahkasi….

Unknown

April 24, 2017 at 9:57 AM

Hahaha..kog Commentya penipu dan judi...

Unknown

September 27, 2017 at 5:47 AM

Halo semua,
Nama saya Alya Ryo dari Jakarta di Indonesia, saya menjadi mangsa penipuan di tangan peminjam palsu, saya memohon pinjaman sekitar 300 juta dari seorang wanita di negara-negara bersatu dan saya kehilangan sekitar 20 juta tanpa mendapat pinjaman , mereka bertanya lagi dan sekali lagi untuk kos, dan saya dibayar tetapi masih saya tidak mendapat pinjaman, mereka merujuk saya kira-kira 2 kali kepada dua wanita yang berbeza di ibu negara Sepanyol, saya harap saya akan bertemu orang yang betul, tetapi saya tidak dan saya kehilangan perniagaan saya dalam proses itu.
Nasib baik bagi saya, seorang kawan yang baru saja memohon pinjaman, dan mendapat pinjaman tanpa apa-apa tekanan, memperkenalkan saya kepada Ketua Pegawai Eksekutif PINJAMAN JAMINAN, Puan Ivana Luka dan saya memohon 500 juta, saya fikir ia adalah penipuan seperti biasa, tetapi saya mendapat pinjaman saya kurang dari 24 jam, 2% tanpa cagaran. Saya sangat gembira kerana perniagaan saya pulih semula
jadi saya nasihat sesiapa yang memerlukan pinjaman untuk dihubungi
Puan Ivana Luka melalui e-mel: ivanaluka04@gmail.com

Anda masih boleh menghubungi saya jika anda mempunyai keraguan atau memerlukan maklumat lanjut melalui e-mel: alyaryo10@gmail.com

Anonymous

September 26, 2018 at 2:06 PM

Saya sangat bersyukur kepada Ibu Iskandar Lestari karena telah memberi saya pinjaman sebesar Rp700.000.000,00 saya telah berhutang selama bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan belajar tentang CREDIT UNION DAYA LESTARI di salah satu blog saya menghubungi CREDIT UNION DAYA LESTARI konsultan kredit via email:(iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) dengan keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun 2017/18 dan harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu Iskandar via email:::(iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)
dia BBM INVITE:{D8980E0B}
Calls Only ::{+12542276869}
WhatsApp Only::{+33753893351}

julia simon

January 6, 2019 at 2:22 PM

Halo,
nama saya Julia Simon, saya adalah korban penipuan di tangan pemberi pinjaman palsu. Saya telah kehilangan sekitar $ 45.000,00 karena saya membutuhkan modal besar $ 200.000,00. Saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. Bisnis saya hancur dan dalam proses itu saya kehilangan putra saya. Saya tidak tahan lagi dengan hal ini. pada Januari 2017, teman saya memperkenalkan saya kepada seorang ibu yang baik, Ny. Augusta Ibramhim, yang pada akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman di perusahaan pinjaman tempat dia bekerja. Ibu yang baik, Augusta Ibramhim, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih dan semoga Tuhan melanjutkan untuk memberkatimu. Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk menasihati sesama orang Indonesia bahwa ada banyak scammer di luar sana, jadi jika Anda memerlukan pinjaman, dan ingin mendapatkan pinjaman dengan cepat, hanya mendaftar melalui Mrs Augusta Ibramhim dan Anda dapat menghubunginya melalui email: (augustaibramhim11 @ gmail.com). Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (juliasimon460@gmail.com). jika Anda memiliki keraguan. tolong dia satu-satunya orang yang bisa diandalkan dan dapat dipercaya.

Terima kasih.

julia simon

January 7, 2019 at 2:02 PM





Halo,
Mencari pinjaman? Anda adalah tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Global Finance Limited memberikan pinjaman kepada perusahaan dan perorangan dengan tingkat bunga rendah dan terjangkau 2%. kepada semua staf atau orang, silakan hubungi kami untuk bantuan keuangan yang mendesak atau membuat stres, kami bangga dengan komitmen kami kepada pelanggan kami; Harus diakui, pinjaman pribadi, pinjaman mobil, pinjaman bisnis / investasi, pinjaman jangka pendek untuk mulai berpikir tentang mendapatkan pinjaman? Apakah Anda benar-benar membutuhkan pinjaman darurat untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda berutang padaku Ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda, kami menyediakan pinjaman pribadi, pinjaman bisnis dan perusahaan dan semua jenis pinjaman, Anda dapat menghubungi Mrs. Augusta Ibramhim dan cukup untuk masuk dengan Mrs. Augusta Ibramhim melalui email: augustaibramhim11 @ gmail .com Anda juga dapat menghubungi saya melalui email ini: juliasimon460@gmail.com. jika Anda memiliki keraguan. tolong, dia satu-satunya yang bisa dipercaya dan bisa dipercaya.
Terima kasih.

E-mail: augustaibramhim11@gmail.com


(APLIKASI DATA HUTANG)

Nama depan............................
Nama tengah:.................
Nama Belakang: ....................... Alamat: .... .................. ..
Kota:...........................
Negara:........................
Kode Pos:.....................
Negara:........................
Telepon selular:.....................
Telepon rumah:.....................
Alamat saat ini:..........


(INFORMASI PRIBADI)

Status pernikahan:....................
Tanggal: .................................. Umur: ......... Jenis Kelamin:. .......
Pendapatan bulanan: .........
Pendapatan tahunan: ........
Jenis pinjaman: .......

(INFORMASI KETENAGAKERJAAN)

Pendudukan:..................
Nama Perusahaan :..............
Alamat bisnis: .............
Telepon kantor: ...........
Posisi / Judul: ................

(INFORMASI PINJAMAN)

Tujuan Pinjaman: ..............
Jumlah pinjaman: ................
Durasi Pinjaman: ..............

Pinjaman kami diasuransikan dengan baik untuk keamanan maksimum adalah prioritas kami, tujuan utama kami adalah membantu Anda mendapatkan layanan yang layak Anda dapatkan, program kami adalah cara tercepat untuk mendapatkan apa yang Anda butuhkan dalam sekejap. Kurangi pembayaran Anda untuk mengurangi pengeluaran bulanan Anda. Dapatkan fleksibilitas yang dapat Anda gunakan untuk tujuan apa pun mulai dari liburan, pendidikan, hingga pembelian unik. Pelamar yang tertarik harus menghubungi kami melalui email:
Ny. Augusta Ibramhim GCF
Website.http perusahaan: //www.limitedfinanc.com.
Nomor WhatsApp: +1(772)261-2533
Alamat email: augustaibramhim11@gmail.com

Terima kasih

Fatma Wati

January 12, 2019 at 3:25 PM

Nama saya Fatma Wati, saya ingin menggunakan medium ini untuk menasihati semua orang supaya berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman Internet kerana begitu banyak peminjam internet di sini adalah semua penipu dan mereka hanya berkongsi cerita untuk menipu wang anda, saya memohon pinjaman sebesar Rp45,000,000,00 dari seorang wanita di Jerman dan saya kehilangan jumlah sebesar Rp8.000.000,00 tanpa mendapat pinjaman,

Pada tarikh 27 September, 2018, kawan saya DIANA JAMES di tempat kerja saya memberitahu saya bagaimana dia memohon pinjaman daripada GLOBAL FINANCE LIMITED dan dia akhirnya menerima pinjamannya. Saya tidak pernah mempercayainya sehingga saya pergi bersamanya ke bank untuk mengesahkannya dan saya kagum kerana saya telah kehilangan banyak wang hanya untuk mendapatkan pinjaman untuk keluarga saya.

Semoga Tuhan memberkati Puan Augusta Ibramim yang baik untuk apa yang dia lakukan kepada saya dan keluarga saya, saya memberitahu kawan saya untuk memperkenalkan saya kepada ibu yang baik. Augusta Ibramhim, GLOBAL FINANCE LIMITED, dia dan saya memohon pinjaman sebanyak Rp180,000,000,00.
Saya mematuhi terma dan syarat pinjaman syarikat dan permohonan pinjaman saya diluluskan untuk saya tanpa tekanan dan kesukaran.

 Akhirnya, saya menerima pinjaman dalam akaun bank saya dan saya memanggil rakan saya DIANA JAMES bahawa saya telah menerima pinjaman dan saya juga telah memperkenalkan begitu banyak orang kepada ibu yang baik Puan Augusta Ibramhim.
Saya mahu anda yang membaca kesaksian saya untuk menghubungi ibu yang baik jika anda memerlukan pinjaman supaya anda juga akan memberi keterangan mengenai muhibah ibu yang baik.

jadi saya menggunakan jalan ini untuk memaklumkan setiap orang Indonesia dan orang lain yang sesuai untuk membaca kesaksian saya dan dia memerlukan pinjaman untuk dihubungi
Puan Augusta Ibramhim melalui EMAIL: (augustaibramhim11@gmail.com)
Anda masih boleh menghubungi saya jika anda memerlukan maklumat lanjut melalui EMAIL: fatmawati111m@gmail.com
Anda juga boleh menghubungi rakan saya DIANA JAMES melalui EMAILnya: dianajames111m@gmail.com

sekali lagi terima kasih semua kerana membaca kesaksian saya, dan semoga Allah terus memberkati kita semua dan memberi kita hidup dan kemakmuran

Angga Annisa

March 16, 2019 at 6:06 AM

Ini luar biasa saat saya mengira semua telah selesai dengan saya Ibu Iskandar datang untuk menyelamatkan saya. Saya sangat berhutang sejauh orang-orang yang saya pinjam uang dari geng melawan saya dan kemudian membuat saya ditangkap sebagai akibat dari hutang saya. ditahan selama berbulan-bulan maka masa rahmat diberikan kepada saya saat saya dipulangkan dan dibebaskan untuk pergi dan mencari uang untuk membayar semua hutang yang saya terima sehingga saya diberitahu bahwa ada beberapa kreditur sah online sehingga saya harus mencari Karena melalui blog saya berualang kali tertipu tapi ketika saya menemukan Ibu Iskandar CEO ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM, Tuhan mengarahkAan saya ke iklannya melalui blog karena daya tarik saya terhadapnya adalah benar-benar mukjizat mungkin karena Tuhan telah melihat bahwa saya memiliki banyak menderita karena itulah dia mengarahkan saya kepadanya. Jadi saya menerapkannya dengan antusias setelah beberapa jam pinjaman saya disetujui oleh Dewan dan dalam dua hari saya dikreditkan dengana jumlah pasti yang saya berikaan untuk semua ini tanpa jaminan tambahan Kredit Tanpa Agunan (KTA) sama seperti saya berbicara dengan Anda sekarang saya telah dapat menghapus semua hutang saya dan sekarang saya memiliki supermarket sendiri, saya tidak memerlukan bantuan orang lain sebelum saya memberi makan atau mengambil keuangan apa pun keputusan saya tidak punya urusan dengan Polisi lagi saya sekarang adalah wanita merdeka. Anda ingin mengalami kemandirian finansial seperti saya silahkan hubungi Ibu melalui BBM-nya: {D8980E0B} atau melalui email perusahaan: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) Anda tidak dapat memperdebatkan fakta bahwa di dunia kesulitan ini Anda memerlukan seseorang untuk membantu Anda mengatasi gejolak keuangan dalam hidup Anda dengan satu atau lain cara, jadi saya memberi Anda mandat untuk mencoba dan menghubungi Ibu Iskandar di alamat di atas sehingga bisa mengatasi kemerosotan keuangan dalam hidup Anda. Anda bisa menghubungi saya melalui email berikut: (anggaannisa1979@gmail.com)) selalu bersikap positif dengan Ibu Iskandar dia akan melihat Anda melalui semua tantangan finansial Anda dan kemudian memberi Anda sebuah tampilan baru finansial.

Detail Kontak Penuh:

Perusahaan: ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM (ISKANDAR LENDERS)
Email: {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}
BBM INVITES: {D8980E0B}
: {4424AA}
Alamat Facebook: {www.facebook.com/iskandar.lesteri.7}
Website: {iskandarlestari.wordpress.com}

TESTIMONI OLEH
Penerima Manfaat: Angga Annisa
Email: {anggaannisa1979@gmail.com}

Ny. SISKA WIBOWO

April 23, 2020 at 10:16 PM

Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur