Ubah Teks Jadi Tabel

Suatu hari Anda mendapat tugas untuk membuat daftar karyawan dalam bentuk tabel. Anda pun segera menghitung jumlah kolom dan baris yang sekiranya akan terpakai. Namun jika data ternyata melebihi tabel tersebut, Anda harus kembali menyiapkan kolom dan baris yang baru. Lalu saat pemasukan data ke dalam tabel, jari Anda harus sering menekan-nekan keyboard atau mengklik tombol mouse hanya untuk berpindah antarkotak. Repot deh!

Ada cara yang lebih ringkas, yakni menggunakan fitur Convert Text to Table yang ada di Microsoft Word. Dengan fitur ini, Anda tidak perlu bersusah-payah menghitung jumlah kolom dan baris yang harus disiapkan sebelum memulai pengetikan. Keuntungan lainnya, selama pemasukan data berlangsung, jari Anda tidak perlu singgah ke area anak panah atau mengklik tombol mouse hanya untuk memindahkan pointer teks dari kotak yang satu ke lainnya.


Cara kerja fitur Convert Text to Table adalah mengubah sekumpulan teks yang dipisahkan oleh karakter tertentu yang unik. Melalui karakter inilah Microsoft Word akan memilah barisan teks menjadi kolom.

Untuk lebih mudah memahaminya, ikuti beberapa langkah ini:
1. Jalankan Microsoft Word dan siapkan sebuah dokumen baru.
2. Misalkan Anda ingin membuat tabel yang berisi data karyawan berupa nomor, nama, alamat, telepon, dan karakter unik yang digunakan adalah tanda baca koma (,). Contohnya:
Nomor, Nama, Alamat, Telepon
1, Budi, Jl. Raya No. 1, 654654
2, Wahyu, Jl. Becek 2, 865634
3, Olla, Jl. Buntu, 5862359
3. Setelah selesai, blok seluruh teks yang baru saja diketikkan. Melalui tab [Insert], pilihlah opsi [Table] > [Convert Text to Table…].
4. Berdasarkan contoh di atas, maka Anda membutuhkan 4 buah kolom. Untuk itu isikan angka 4 di combo box Number of columns.
5. Di bagian Separate text at, pilihlah opsi [Other] dan isikan karakter koma (,) sebagai pemisah antarkolom.
6. Tekan tombol [OK] untuk menutup boks sekaligus membuat tabel yang Anda inginkan.

sumber: Kompas.com

Related Posts by Categories



Comment (1)

Mahsun, S.Pd.I

July 29, 2012 at 8:43 PM

kalau sebaliknya, bisa apa nda mas..... konver table ke Teks paragraf biasa