SISTEM PEMILU AUSTRALIA

SISTEM PEMILU AUSTRALIA


Sistem pemilu di Australia dilaksanakan untuk memilih wakil-wakil rakyat, baik ditingkat federal/ nasional maupun ditingkat Negara bagian dan teritori. Pada tingkat federal sistem majelis dan keanggotaannya sudah diatur berdasarkan konstitusi.

  1. Federal

Pada majelis ditingkat federal atau nasional bersifat bicameral atau dua kamar, yaitu majelis rendah dan senat. Majelis rendah bernama House Of Representatives, beranggota 148 orang yang ditarik dari masing-masing Negara bagian secara proporsional berdasarkan jumlah penduduk.

Berdasarkan ketentuan tersebut, Negara bagian new south wales memperoleh wakil 50 orang, Victoria 38, queensland 25, western Australia 14, south Australia 12, dan Tasmania 8orang, dan masing-masing 2 orang wakil bagi tritori NT dan ACT. Berdasarkan ketentuan konstitusi , pemilihan bagi anggota majelis rendah dilaksanakan 3 tahun sekali; tetapi dapat dilakukan pemilu sebelum habis masa bakti 3 tahunan, bila mayoritas anggota parlemen menghendakinya.

Berdasarkan konstitusi, setengah dari 12 senator Negara bagian dan seluruh dari senator dari teritori dipilih untuk masa bakti 3 tahun. Sedangkan 6 senator sisanya dipilih 6 tahun sekali. Oleh karena itu, ada 2 kali masa pemilu bagi pengisian kursi senator. Yaitu Full Senate Election, dimana rakyat memilih 12 anggota senatnya 6 tahun sekali. Dan Half Senate Election, dimana rakyat memilih 6 anggota senat yang pension pada 3 tahun pertama keanggotaan dari 6 tahun.

Untuk Full Senate Election, untuk mendapatkan kursi senat seorang senator harus mendapatkan quota 7,7 %, sedangkan dalam Half Senate Election, seorang senator harus mendapatkan 14,3 % quota.


Sistem Pemilu Federal / Nasional Australia

Parlemen

majelis

Daerah Pemilihan

Sistem Pemilu

Masa Bakti

Pemilu Pertama

Australia

Senat

Setiap Negara bagian 12 senator dan 2 senator untuk masing-masing teritori

Perwakilan berimbang

6 tahun; setengahnya pensiun setiap 3 tahun

1949

House Of Representatives

148 Single member electorate

Preferensial

3 tahun

1909

Jumlah Perwakilan Negara Bagian dan Teritori untuk House of Representatives Australia

No

Negara Bagian

Jumlah

Wakil

1

New South Wales

50

2

Victoria

38

3

Queensland

25

4

Western Australia

14

5

South Australia

12

6

Tasmania

8

7

Teritori NT

2

8

Teritori ACT

2

Keanggotaan Majelis Tinggi (senat) Federal Australia

No

Negara Bagian

Jumlah

Wakil

1

New South Wales

12

2

Victoria

12

3

Queensland

12

4

Western Australia

12

5

South Australia

12

6

Tasmania

12

7

Teritori NT

2

8

Teritori ACT

2

  1. Negara Bagian

Pada tingkat Negara bagian dan teritori, pemilu diselenggarakan untuk memilih anggota-anggota parlemen Negara bagian dan teritori. Seluruh parlemen Negara bagian menganut sistem dua-kamar, kecuali Queensland. Queensland telah menghapus majelis tingginya sesjak 1922. Queensland dan 2 Teritori menganut sistem satu-kamar.

1. New South Wales

New South wales menganut sistem majelis dua kamar. Majelis tingginya bernama Legislative Council, majelis rendahnya Legislative Assemably. Anggota majeis rendahnya adalah 99 orang untuk masa bakti 4 tahun Sedangkan majelis tinggi 45 orang dipilih untuk masa bakti tiga kali masa bakti majelis rendahnya, yaitu 4 tahun.

Negara Bagian

Majelis Rendah

(Legislative Assembly)

Legislative council

(Majelis Tinggi)

Anggota

Masa Bakti

Anggota

Masa Bakti

New South Wales

99 orang

4 tahun

45 orang

3 kali masa bakti majelis rendah

2. Victoria

Majelis rendah Victoria memilih 88 anggotanya untuk masa bakti 4 tahun, sedangkan majelis tingginya beranggotakan 44 orang dengan masa bakti 2 kali mamsa bakti majelis rendahnya.

Negara Bagian

Majelis Rendah

(Legislative Assembly)

Legislative council

(Majelis Tinggi)

Anggota

Masa Bakti

Anggota

Masa Bakti

Victoria

88 oerang

4 tahun

44 orang

2 kali masa bakti majelis rendah

Pemilu bagi 44 orang anggota dilaksanakan di 22 daerah pemilihan yang masing-masing daerah pemilihan memilih 2 anggota. Batas maksimum masa bakti majelis tinggi tersebut adalah 2 kali masa bakti majelis rendahnya, namun masing-masing satu anggota dari setiap daerah pemilihan pension setiap satu kali masa bakti majelis rendah. Oleh karena itu setiap 4 tahun sekali diselenggarakan untuk mengisi setengah dari anggota majelis tinggi yang pension tersebut.

3. Queeensland

Pemilu di queensland hanya untuk memilih anggota majelis rendah yang berjumlah 89 anggota setiap 3 tahun sekali.

4. Western Australia

Majelis tingginya berjumlah 34 anggota untuk masa bakti 6 tahun. Sementara majelis rendahnya 57 anggota dipilih setiap 3 tahun sekali.

Negara Bagian

Majelis Rendah

(Legislative Assembly)

Legislative council

(Majelis Tinggi)

Anggota

Masa Bakti

Anggota

Masa Bakti

Western Australia

57 orang

3 tahun

34 orang

6 tahun

Pemilu bagi 34 orang anggota dilaksanakan di 6 daerah pemilihan. Untuk masa bakti 6 tahun, namun masing-masing satu anggota terpilih dari setiap daerah pemilihan pensiun setiap 3 tahun sekali. Oleh karena itu setiap 3 tahun sekali diselenggarakan untuk mengisi 6 anggota majelis tinggi yang pensiun tersebut

5. South Australia

Majelis tingginya berjumlah 22 anggota untuk masa bakti 6-8 tahun. Sementara majelis rendahnya 47anggota dipilih setiap 3-4 tahun

Negara Bagian

Majelis Rendah

(Legislative Assembly)

Legislative council

(Majelis Tinggi)

Anggota

Masa Bakti

Anggota

Masa Bakti

South Australia

47 orang

3-4 tahun

22 orang

6-8 tahun

6. Tasmania

Majelis tingginya berjumlah 19 anggota untuk masa bakti 6 tahun. Sementara majelis rendahnya 35 anggota dipilih setiap 4 tahun sekali

Negara Bagian

Majelis Rendah

(Legislative Assembly)

(Majelis Tinggi) Legislative council

Anggota

Masa Bakti

Anggota

Masa Bakti

South Australia

35 orang

4 tahun

19 orang

6 tahun

7. Northern Australia

Pemilu di Northern Australia hanya untuk memilih anggota majelis rendah yang berjumlah 25 anggota setiap 4 tahun sekali

8. Australia Capital Terithory

Pemilu di Australia Capital Terithory hanya untuk memilih anggota majelis rendah yang berjumlah 17 anggota untuk masa bakti maksimum 3 tahun. Ini baru diberlakukan pada 1989.

Lima majelis tinggi Negara bagian dinamakan Legislatif (Legislative Council)sementara majelis rendah Negara bagian dan teritori memppunyai nama yang sedikit berbeda. Kecuali majelis rendah disouth australias dan Tasmania yang bernama House of Assembly, seluruh majelis rendah Negara bagian dan teritori disebut dengan legislative Assembly.

Penerapan sistem majelis baik ditingkat federal maupun Negara bagian dan teritori mempunyai dampak yang luas bagi perwakilan politik anggota parlemen . sistem perwakilan politik bagi anggota parlemen tidak hanya menggunakan satu sistem perwakilan, tetapi semua sistem perwakilan yang ada dipergunakan.

Sistem proportional representation atau perwakilan berimbang, dan sistem distrik-di Australia umumnya dikenal dengan sebutan preferential, karena metode pemungutan suaranya berbeda dengan sistem perwakilan berimbang- digunakan bagi wakil-wakil rakyat diparlemen.

Sistem perwakilan

Dengan sistem

Untuk Pemilihan

Digunakan pada

Proportional Representation

Multi-member constituency

(satu daerah pemilihan memiliki lebih dari satu anggota parlemen)

Diberlakukan bagi parlemen senator (majelis tinggi) ditingkat federal

Pemilihan majelis tinggi di New South Wales, Victoria, South Australia, Western Australia pemilihan majelis rendah di Tazmania dan teritori ACT

Preferential Representation

(Distrik)

Single member constituency

(setiap anggota parlemen hanya mewakili satu daerah pemilihan)

Bagi pemilihan wakil rakyat (majelis rendah) diparlemen pada tingkat federal.

Pemilihan anggota parlemen Negara bagian New South Wales, Victoria, Queensland, dan Western Australia dan teritori NT serta anggota majelis tinggi Tazmania






Related Posts by Categories



Comments (3)

Anonymous

December 27, 2012 at 5:48 AM

mimin bisa kasi info sumbernya engga?

Wildans

September 1, 2013 at 11:29 PM

thx a lot :)

Wildans

September 1, 2013 at 11:30 PM

thx a lot